Peningkatan Frekuensi Perjalanan Kereta Api Rajabasa Rute Tanjung Karang - KertapatiALFIDO PRATAMA JUNIANTITO / Nurmagita Pamursari, S.T., M.T / Teknik Perkeretaapian, 2025Kereta Api (KA) Rajabasa melayani rute Tanjung Karang-Kertapati sejauh 389 km dengan dua perjalanan per hari. Jumlah penumpang mencapai 530.834 orang pada Januari-Oktober 2024 menunjukkan tingginya permintaan, sementara kapasitas terbatas hanya 551 penumpang per perjalanan. Penelitian ini bertujuan ... |
Peningkatan Frekuensi Perjalanan Kereta Api Commuter Line GarutSITI NURJANAH / Handy Purnama, S.T., M.T. / Teknik Perkeretaapian, 2025Kereta Api Commuter Line Garut merupakan moda transportasi vital di wilayah Purwakarta, Bandung, dan Garut. Namun, tingginya permintaan pada lintas Purwakarta–Garut menyebabkan kelebihan kapasitas, terindikasi dari okupansi aktual hingga 196% yang jauh melampaui batas toleransi. Kondisi ini menunt... |
PERENCANAAN PENINGKATAN FREKUENSI PERJALANAN KA COMMUTERLINE MERAK BERDASARKAN GAPEKA 2025Jejaka Dwi Purnama / Arif Setyaji, S.T., M.T. / Teknik Perkeretaapian, 2025Kereta Api Commuterline Merak merupakan moda transportasi penting di Banten yang menghubungkan Stasiun Merak dengan Rangkasbitung serta terintegrasi dengan Pelabuhan Merak. Namun, frekuensi perjalanan yang terbatas belum mampu mengimbangi pertumbuhan penumpang, sehingga menimbulkan waktu tunggu panj... |
PENGARUH FREKUENSI PERJALANAN DAN PASSING TONNAGE PADA PENGOPERASIAN GAPEKA 2025 TERHADAP NILAI TRACK QUALITY INDEX (TQI) (STUDI KASUS: LINTAS STASIUN BEKASI-STASIUN CIKARANG)HILLEL NISCALA HANDOJO / Nurwanda Sari, S.T., M.T / Teknik Perkeretaapian, 2025Seiiring dengan meningkatnya frekuensi perjalanan kereta api, tentunya kualitas dari jalan rel harus dipastikan dalam kondisi laik. Salah satu tolak ukur dari kondisi atau kualitas jalan rel adalah nilai Track Quality Index (TQI). TQI merupakan nilai yang diperoleh dari hasil pengukuran kereta ukur ... |